Fakta-Fakta Mengejutkan Tentang Gagal Ginjal Kronis

Lebih Banyak Artikel Gagal Ginjal >>> » Fakta-Fakta Mengejutkan Tentang Gagal Ginjal Kronis


Penyakit gagal ginjal kronis adalah kondisi dimana fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Statusnya berubah menjadi gagal ginjal ketika fungsi ginjal telah menurun hingga mencapai tahap atau stadium akhir.

Gagal ginjal kronis termasuk jenis penyakit yang umumnya baru dapat dideteksi melalui tes urin dan darah. Gejalanya yang bersifat umum membuat pengidap penyakit ini biasanya tidak menyadari gejalanya hingga mencapai stadium lanjut dan benar-benar parah.

Gagal ginjal kronis stadium lanjut umumnya mengalami gejala: sesak napas, mual, kelelahan, mengalami pembengkakan pergelangan kaki, kaki, atau tangan karena terjadi penumpukan cairan pada sirkulasi tubuh, sesak napas, serta munculnya darah dalam urin.

Pemeriksaan darah dan urin secara teratur setiap tahun sangat disarankan bagi orang-orang yang berisiko tinggi mengidap penyakit gagal ginjal kronis.

Jika Anda mengalami keluhan tekanan darah tinggi, mempunyai riwayat diabetes dan memiliki riwayat keluarga pengidap penyakit gagal ginjal kronis, maka resiko akan semakin tinggi.


Fakta Gagal Ginjal Kronis

 

Penderita Gagal Ginjal di Indonesia Lebih dari 30 Juta Orang #Fakta Gagal Ginjal Kronis

Jika Anda tahu, penderita penyakit gagal ginjal kronis terus bertambah dari tahun ke tahun. Data terakhir menyebutkan bahwa sekitar 10 % dari seluruh populasi dunia mengalami serangan penyakit gagal ginjal kronis.

Fakta itu sangat bisa dipahami karena penyebab utama penyakit gagal ginjal kronis merupakan penyakit yang sangat umum dialami oleh manusia modern. Tingginya penderita diabetes di Asia menjadikan benua ini menjadi tempat yang paling rentan mengalami serangan penyakit gagal ginjal kronis.

Selain diabetes, tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu penyebab terkuat terjadinya penyakit gagal ginjal kronis di Asia. Indonesia termasuk ke dalam 10 besar negara di Asia dengan kasus penyakit gagal ginjal kronis tertinggi.

Penyakit gagal ginjal kronis juga bisa diasosiasikan dengan penuaan. Semakin tua, Anda semakin berisiko mengidap gangguan ginjal. Ya, orang lanjut usia, dimulai dari 60 tahun, paling berisiko mengidap penyakit gagal ginjal kronis. Diperkirakan satu dari lima pria dan satu dari empat wanita berusia 65 – 74 mengidap gagal ginjal dalam stadium tertentu.

Dalam hal itu, PERNEFRI (Perhimpunan Nefrologi Indonesia) dan Kementerian Kesehatan menemukan fakta bahwa penderita gagal ginjal kronis di Indonesia mencapai 25 sampai 30 juta orang. Fakta yang sangat sangat mengejutkan di Negara yang mempunyai lebih dari 210 juta penduduk ini.


Siapa Saja Beresiko Menderita Gagal Ginjal #Fakta Gagal Ginjal Kronis

Poin-poin di bawah ini memang sangat perlu Anda waspadai. Apabila Anda termasuk dalam beberapa kategori seperti yang dijelaskan di bawah ini, maka Anda masuk dalam kategori orang yang beresiko tinggi mengalami gagal ginjal.

Jika Anda adalah termasuk orang-orang ini, maka akan lebih baik jika Anda melakukan pemeriksaan rutin terhadap adanya penyakit gagal ginjal yan sangat mungkin Anda derita. Berikut adalah golongan beresiko itu:

 

  1. Pengidap diabetes, hipertensi, lupus, stroke, penyakit jantung, dan skleroderma.
  2. Orang yang secara teratur mengonsumsi obat pereda sakit dalam jangka panjang seperti ibuprofen.
  3. Orang dengan riwayat keluarga yang pernah mengidap CKD stadium lima atau mewarisi penyakit ginjal serta penyakit saluran ginjal struktural, seperti batu ginjal dan pembesaran prostat.
  4. Pengidap hematuria (dalam urinnya terdapat darah) atau proteinuria (terdapat protein dalam urin) yang penyebabnya belum diketahui.
  5. Orang yang mengonsumsi rutin obat-obatan yang membahayakan ginjal, seperti litium dan kalsineurin.
  6. Orang dengan riwayat kesehatan keluarga berpenyakit ginjal.
  7. Jika tes urin atau darah mengindikasikan kemungkinan bahwa ginjal tidak berfungsi dengan baik, umumnya dokter akan menetapkan diagnosis adanya penyakit ginjal.


Apakah Anda termasuk dalam kategori rentan mengalami penyakit gagal ginjal? Semoga saja tidak.

 




Mencegah Gagal Ginjal itu Mudah, Mengobatinya yang Sulit #Fakta Gagal Ginjal Kronis

Tidak mudah memang mengobati penyakit gagal ginjal kronis. Apalagi kalau penyakit gagal ginjal itu sudah ada pada level gawat dan harus melakukan cuci darah secara rutin. Tapi, kita tidak boleh berputus asa untuk bisa sembuh dan bugar kembali.

Tidak melulu bertumpu pada obat, keyakinan dan optimisme disini memegang peranan penting dalam pengobatan penyakit berat seperti gagal ginjal kronis. Jika Anda tidak mempunyai keyakinan bahwa Anda masih bisa sembuh, maka hal itu akan benar-benar terjadi pada diri Anda.

Itulah yang dinamakan prinsip holistik, yaitu mengobati penyakit dari segala macam aspek, tidak melulu dari aspek fisik saja.

Saya tidak menganjurkan Anda untuk lupa untuk periksa ke Dokter, meminum obat atau ramuan herbal. Akan lebih baik jika Anda YAKIN bisa sembuh dan tetap lakukan hal-hal penting itu untuk penyembuhan penyakit gagal ginjal kronis. Itulah pengobatan yang bersifat holistik (menyeluruh).

Jadi, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah seperti ini:

 

  1. Periksa ke Dokter. Apakah Anda sudah benar-benar mengalami penyakit gagal ginjal kronis? Atau baru merasakan gejala-gejalanya? Periksakanlah ke dokter untuk mengetahui apakah Anda memang terkena gejala awal gagal ginjal kronis.
  2. Dapatkan tindakan penanggulangan atau pengobatan yang tepat. Perlu Anda ketahui, konsumsi dan pemakaian zat-zat kimia bisa semakin memperberat dan merusak ginjal Anda.
  3. Aturlah pola makan Anda, hindari interaksi dengan bahan-bahan kimia, baik itu makanan atau pun obat. Jika Anda mengalami gagal ginjal kronis, maka biasanya Dokter lebih menganjurkan Anda untuk melakukan cuci darah. Sebab itu, ramuan herbal alami sangat baik untuk Anda.
  4. Untuk mendapatkan ramuan herbal alami yang benar-benar cocok, lakukanlah konsultasi dengan Herbalis atau Anda juga bisa memperolehnya dari (AHN) Asosiasi Herbalis Nusantara. Disini Anda akan memperoleh ramuan herbal yang terjamin dan pasti aman.


Ingat, saat Anda mengalami penyakit gagal ginjal kronis, tidak hanya usaha secara fisik menggunakan obat, ramuan atau cuci darah. Lakukanlah upaya penyembuhan holistik.

Upaya Anda untuk menjaga pola makan pun sangat berperan dalam penyembuhan penyakit gagal ginjal kronis yang sedang Anda lakukan. Semuanya harus saling mendukung. Akan percuma jika Anda melakukan pengobatan, tapi Anda terus merusak ginjal Anda.

Apabila Anda mempunyai pertanyaan, ingin melakukan konsultasi atau melakukan pencegahan dan pengobatan seputar penyakit gagal ginjal kronis, silakan hubungi 081232227444 (Teguh).

Atau jika Anda ingin terhubung dan mendapatkan informasi lebih banyak tentang penyakit gagal ginjal kronis, silakan bergabung dengan lebih banyak klien dan Pakar Kesehatan kami di Fanpage Facebook “Asosiasi Herbalis Nusantara”. Salam Sehat dan Bugar.

 

ALAMAT KANTOR

Jl. Brantak Sekarjati No.29,

Welahan, Jepara, Jawa Tengah,

Indonesia - 59464

 

MARKETING 1 - Teguh

081232227444 / 085641034444

infopusat5@gmail.com

Yahoo! Messenger

 

MARKETING 2 - Alam

085329990002 / 085726726002

infopusat5@gmail.com

Yahoo! Messenger

 

 

PIN 762A3824

 

 

081232227444

 

 

WAKTU LAYANAN

Senin-Sabtu, pukul 08:00-16:00 WIB

Minggu & tanggal merah, kami libur.

Harap buat janji sebelum datang